Rabu, 16 Mei 2012

Peralatan Photography Lainnya

a)    Monopod dan Tripod
Funsgsi monopod dan tripod adalah menyangga kamera, yang membedakan antara keduanya adalah jumlah kaki penyangganya. Ketinggian keduanya dapat diatur. Alat ini digunakan untuk menghintari tremor (getaran yang menyebabkan gambar goyang).

Tripod


Monopod

            b)    Flash
Flash merupakan alat yang memproduksi cahaya bantu. Di kamera digital modern flash sudah menjasi satu bagian dengan kamera, yang disebut build in flash. Flash yang terpisah dengan kamera disebut flsh eksternal. Flash ini dapat di satukan langsung dengan kamera maupun dengan konektor.


Flash Internal


Flash External


            c)    Handgrip
Handgrip adalah bahan tambahan untuk memperkuat handle kamera. Handgrip juga mempermudah fotografer dalam melakukan rotasi terhadap kameranya.


            d)   Filter
Filter berfungsi sebagai alat pelindung lensa yang dapat digunakan juga sebagai alat mempercantik gambar. Filter terdiri dari 2 jenis yaitu filter yang hanya mengoreksi warna dan filter yang bisa menambahkan efek pada foto. Contoh jenis-jenis filter  :
*      Filter Ultra Violet; digunakan untuk pelingung lensa dan menyaring sinar ultra violet yang berlebihan masuk kedalam kamera.
*      Filter Skylight; merupakan filter yang memunculkan warna biru aygn ada pada langit.
*      Filter Polarizing; filter ini dapat menghilangkan pantulan bayangan dari kaca.
*      Filter Difuser atau Soft; untuk yang satu ini dapat memberikan efek soft pada objek.


           e)    Film
Film dibagi menjadi dua yaitu filem positive dan filem negative, yang membedakkanya adalah cara pencuciannya dan bahannya. Kepekaan sebuah filem ditentukan oleh beberapa satuan seperti ISO (International Standard Organization) dan ASO (America Standard Organization). Sedangkan jenis-jenis filem berdasarkan kepekaanya ada 4, yaitu : slow (25-64 ISO), medium (100-200 ISO), fast film (400-800 ISO), dan ultra fast film (800 ISO keatas).

Tidak ada komentar :

Posting Komentar