Rabu, 16 Mei 2012

Jenis-Jenis Kamera

a)    Kamera Lubang Jarum (Pinhole Camera)
Kamera lubang jarum merupakan kamera yang bisa dibuat dari bahan apapun (handmade). Kamera ini memiliki system yang dibuat pada view finder kamera, yaitu memasukkan cahaya secara langsung dari lensa ke filem. Jadi ketika menggunakan kamera ini yang tidak memiliki view finder dan shutter speed kina hanya menggunakan feeling untuk mengambil gambar tersebut.
Kamera ini merupakan sebuah alat memotret yang mengedepankan artistik dan efek-efek seperti vignette dan fish eye. Kamera jenios ini haya diperuntukan untuk benda-benda mati. Karena kamera in tidak dapat menangkap objek benda hidup yang bergerak. Kelebihan kamera ini adalah bentuknya yang bisa disesuainak dengan keininan kita dan mudah dibawa kemanapun kita pergi.
Prosep pembuatan pinhole dengan menggunakan piloks dan selotip hitam. Caranya dengan mengecat seluruh bagian kaleng, dan pastikan tidak ada cahaya yang masuk kedalam. Kemudian tentukan titik yang akan dijadikan lensa kamera. Lalbu beri selotip hitam yang telah dialasi kerta, lalu buat lubang tersebut.
Proses pemotretannya mengguakan cara membuka tutup lubang tersebut, yang sebelumya dimasukkan kertas filem si kamar gelap agar tidak ada cahaya yang masuk. Dan ketika ingim memotret, buka selotip yang melindungi lubang lensa. Dan yahaya masuk otomatis akan terekam sendiri ke dalam kertas filem.


b)    Twins Lens Reflex Camera ( Kamera TLR)
Prinsip kamera ini adalah parallax. Lensa dan view finder kamera terpisah. Cermin yang dimiliki oleh kamera tersebut adalah cermin permanen yang jumlahnya ada 2. Kekurangan kamera ini adalah lensanya yang tidak dapat ditukar dan dilepaskan, objek terlihat terbalik pada view finder, dan kamera ini tidak praltis apabila digunakan untuk memotret gambar yang mempunyai gerak cepat. Namun, hasil foto yang dihasilkan kamera ini sangat baik. Dan view finder yang berada diatas kamera memudahkan fotografer untuk memilih angle. 


      c)  Single Reflex Camera (SLR)
Kamera ini paling sering dipakai oleh fotografer karena kamera ini praktis digunakan. Memiliki cermin datar yang membentuk sudut 45 derajat tepat dibelakang lensa, yang membuat bayangan pafa view finder sama persis dengan aslinya, lensa kamera dapat diganti sesuai keinginan, desainnya tidak terlalu kaku, dan aksesoris dan suku cadangnya mudah dicari. Kalera SLR merupakan kamera yang paling laku di pasaran. Sehingga kamera SLR manual sekarang telah berevolusi menjadi kamera SLR digital (DSLR). Kamera SLR manual mengguanakan filem, sedangkan yang digital menggunakan memory card. Namun, kamera in memaksa fotografer untuk menggerakan tubuhnya lebih luwes. Selain itu ukurannya yang cukup besar membuat kamera SLR tidak praktis untuk dibawa.



      d) Kamera View Finder
Kamera ini berjaya pada tahun 80-an dan kamera ini disebut kamera saku dan saat in iberubah nama menjadi toys kamera. Ciri kamera ini adalah bentuknya yang mungil, lensanya sudah dipatenkan bahan kamera ini sangat bervariasi, dan mempunyai system focus yang baik. Tapi kamera ini memiliki ruang ketajaman yang sangat datar, bukaan diaghfrahmanya 5,6 dan  jendela bidiknya sangat kecil.



     e)  Kamera LOMO
Kamera ini merupakan salah satu kamera yang berdampak pada perkembangan fotografi modern. Kamera ini identik dengan kamera lubang jarum. Bentuknya tidak lebih besar dari kamera SLR. Kamera ini merupakan anak dari kamera lubang jarum, tetepi dengan kemasan yagn lebih eksentrik. Hal yang menarik dari kamera ini adalah kamera ini tidak mempunyai aturan dalam merekam sebuah objek. 

Dan masih banyak lainnya seperti :
         Polaroid Camera 
Kamera Polaroid atau lebih dikenal dengan kamera langsung jadi adalah model kamera yang dapat memproses foto sendiri di dalam badan kamera setelah dilakukan pemotretan. Kamera polaroid ini menggunakan film khusus yang dinamakan film polaroid. Film polaroid yang dapat menghasilkan gambar berwarna dinamakan film polacolor. Menurut sejarahnya, kamera polaroid atau kamera gambar seketika jadi ini dirancang untuk pertama kalinya oleh Dr. Edwin Land dari perusahaan Polaroid dan dipasarkan sejak tahun 1947. Nama Polaroid itu sebetulnya adalah merek dagang, seperti orang menyebut semua pasta gigi dengan nama Pepsodent, atau orang menyebut sepeda motor dengan nama Honda.

Polaroid film adalah film yang ditemukan oleh Edwin Land. Menghasilkan foto dalam waktu singkat (dalam beberapa menit saja), tetapi tidak mempunyai negatif.

Jepretan pertama dengan menggunakan kamera polaroid dilakukan oleh Dr Edwind Land pada tahun 1944, sedangkan jepretan pertama di muka bumi ini (dengan kamera yang ada pada saat itu) dilakukan oleh Niceephore Niepce yang memotret gudang di halaman belakang rumahnya di Prancis pada tahun 1826.

3 komentar :

  1. ya, makasih juga ya kak telah mengunjungi dan membaca artikel saya , jangan lupa beritahu ke temen-temen kakak ya

    BalasHapus
  2. Bang apa jenis jenis kamera pinhole

    BalasHapus